Blog, Reviews, Spiritual

Testimoni 2 Minggu di Program Hafal Al-Qur’an STUAH

Alhamdulillah Wasyukurillah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberi testimoni dan membahas sebuah program Hafal Al-Qur’an. Yaitu sebuah program yang sangat luar biasa dan memberi banyak manfaat bagi keberjayaan Islam di Indonesia yaitu Program STUAH (Sekolah Terbuka Usahakan Al-Qur’an Hafal) yang digagas oleh Ustadz Adi Hidayat, Lc., M.A. Tulisan ini ditulis setelah program berjalan selama 2 minggu. Program tersebut dapat dilihat di https://quantumakhyar.com/alc/stuah/

Merupakan sebuah program terbuka yang memberikan kesempatan kepada seluruh individu yang ada di Indonesia untuk menghafalkan Al-quran dengan metode At-taisir yang dibuat langsung oleh ustadz Adi Hidayat. Program STUAH ini merupakan sebuah metode hafalan secara mandiri selama 3 semester atau 18 bulan lamanya. Hafalan dapat disetorkan secara kepada Musyrif, Guru Ngaji atau Ustadz. Setoran dapat juga dilakukan secara online dan di review langsung oleh Musyrif yang telah hafizh Al-Quran.

Alhamdulillah berkat rahmat Allah SWT, Saya termasuk orang yang diberi kesempatan untuk mengikuti program ini di sehari sebelum deadline pendaftaran. Program STUAH ini dibuka untuk angkatan kedua dan ditutup pada akhir Agustus kemarin, dan saya mengetahui program ini pas sekali pada tanggal 29 Agustus 2020 sehari sebelum ditutup. Anggota terdaftar program STUAH ini juga diwajibkan untuk membeli paket mushaf At-Taisir. Saya pun membelinya dan dikirim melalui layanan logistik hingga sampai di Padang Sumatera Barat pada tanggal 4 September 2020.

Mushaf Hafal Al-Qur'an STUAH
Mushaf Hafal Al-Qur’an STUAH

Berikut bentukan paket mushaf hafalan per Juz:

Mushaf STUAH Per Halaman
Mushaf Per lembar
Mushaf STUAH 1
Mushaf dalam bentuk per Juz

Program STUAH gelombang kedua ini dibuka secara langsung oleh Ustadz Adi Hidayat pada tanggal 4 September 2020. Ustadz Adi memberikan perkenalan terkait program dan memberi waktu untuk anggota baru selama 1 minggu untuk memperdalam terkait Tahsin yang didalamnya ada pelajaran mengenai Tajwid, Makhorijul Huruf, Hukum Mad, dan Hukum Waqaf yang ada didalam Al-Qur’an.

Program STUAH sendiri berjalan terdiri dari sistem setoran secara online yang telah dilaunch dan boleh di test flight oleh pendaftar dari awal september melalui akun anggota yang telah diberikan. Program menghafal dimulai dari tanggal 11 September. Sistemnya sendiri bisa dibuka melalui web browser dan melalui android dengan menginstall aplikasi setoran STUAH.

Untuk sistem setoran dapat secara online tatap muka langsung atau melalui sistem rekaman hafalan. Untuk rekaman bisa diupload lewat aplikasi maupun web dan nantinya akan direview oleh Musyrif yang telah terdaftar di aplikasi. Setoran tatap muka online secara langsung dapat diajukan paling cepat 2 hari sebelum setoran.

Dalam pengajuan setoran online, Saya seringkali mendapatkan pending untuk pengajuannya dikarenakan anggota program yang sangat banyak dan musyrif dari program yang belum mencukupi. Jadi saya mengajukan setoran online 4-5 hari sebelum jadwal. Saya berharap semoga nantinya semakin banyak para penghafal al-quran yang dapat memberikan tenaganya secara sukarela untuk membimbing para calon hafizh quran pada program ini nantinya.

Sumber:
[1] https://quantumakhyar.com/alc/stuah

7 thoughts on “Testimoni 2 Minggu di Program Hafal Al-Qur’an STUAH

  1. Assalamu’alaikum kak, kebetulan saya juga ikut program dan memang kalau setor rekaman selalu pending, kalau via online teknisnya bagaimana ya? Kita hanya baca seperti pada metode rekaman atau di tes acak ayat oleh musyrif/musyrifahnya ya? Trimakasih sebelumnya.

    1. Waalaikumussalam Kak Fera,
      Terima kasih sudah bertanya.
      Untuk setor rekaman melalui file audio memang membutuhkan waktu untuk musyrifnya agar melakukan cek terhadap rekaman kakak namun biasanya lebih cepat.
      Untuk setor rekaman online harus mengajukan jadwal terlebih dahulu jauh-jauh hari, minimal 3 hari sebelum setoran online agar ada musyrif yang bersedia dikarenakan banyak yang melakukan pengajuan setoran hafalan online. jika sudah mendapatkan jadwal setoran online, nanti musyrif akan menelpon secara langsung, bisa melalui telpon biasa atau whatsapp untuk setoran dan perbaikan.

    1. Waalaikumussalam Mas Bagas,
      Untuk Mushaf At-Taisir nya ke Padang sekitaran 500rb.
      Niatkan untuk hafalnya ya Mas.. Semoga bisa ikut Program STUAH Gelombang selanjutnya yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!